Berita Harian

Presiden Casio Kazuo Kashio Telah Tutup Usia Di Umur 89

Presiden Casio Kazuo Kashio Telah Tutup Usia Di Umur 89

LiputanTerkini - Chairman dan CEO Casio Computer, Kazuo Kashio menghembuskan napas terakhirnya pada usia 89 tahun. Penyebab kematiannya adalah penyakit pneumonia. Kashio merupakan sosok yang memiliki kontribusi dalam membangun perusahaan jam tangan terkenal Casio dan G-Shock.


Kazuo merupakan anak ketiga dari empat bersaudara Kashio, yang mana menjadi pendiri perusahaan kalkulator pertama di dunia pada tahun 1957, yang selanjutnya menggunakan marga keluarga sebagai nama perusahaan yaitu Casio.

The Japan Times, Kamis (21/6/2018), Kazuo telah memimpin perusahaan tersebut selama hampir tiga dekade. Ia terkenal sebagai sosok yang mengubah kalkulator mini Casio menjadi sebuah perangkat universal dan mengubah citra jam tangan digital.
 
Kazuo dan tiga saudaranya mengubah Casio dari toko alat rumah tangga di dalam negeri menjadi sebuah perusahaan global, dengan penjualan tahunan sebesar USD 3 miliar (Rp 42,4 triliun). Kini Casio menjadi perusahaan raksasa yang menjual jam tangan digital, kamera, kalkulator, keyboard elektronik, dan alat musik lainnya, serta printer berkecepatan tinggi.

Pada tahun 1965, Casio mulai memproduksi kalkulator desktop. Tujuh tahun kemudian, perusahaan tersebut mengenalkan Casio Mini, yang dikenal dengan kalkulator pribadi pertama di dunia.

Perangkat tersebut menjadi tersebar di mana-mana setelah melakukan pemasaran yang luar biasa. Perusahaan tersebut mengumumkan Casiotron, jam tangan digital yang dilengkapi dengan kalender pada tahun 1974.

Lalu pada tahun 1983, Casio memperkenalkan G-Shock, jam tangan pertama yang di klaim paling tangguh. Jam tangan andalan perusahaan ini juga memamerkan kekuatan daya tahan baterai yang lebih awet dibandingkan dengan para pesaingnya. Jam tangan dengan kekuatan tangguh tersebut pernah dipromosikan di dalam film terkenal seperti "Men in Black" dan "Mission: Impossible."

Kini, perusahaan Casio dipimpin oleh putra tertua Kazuo, Kazuhiro. Sebelum Kazuo ditunjuk menjadi pimpinan pada 1988, perusahaan elektronik ini dipimpin oleh sang kakak Tadao Kashio.

Sebelum meninggal, Kazuo hidup dengan istrinya, Soko, serta dua anak perempuan, satu anak laki-laki dan saudaranya, Yukio. Saudara kandung Kazuo, Toshio, yang menciptakan beberapa produk Casio, telah meninggal pada tahun 2012. Selamat jalan Bapak Casio!

No comments:

Post a Comment

Liputan Terkini Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Powered by Blogger.
Published By Gooyaabi Templates